Friday 31 October 2014

Kamu adalah Apa yang Kamu Makan

Ada suatu pepatah dalam dunia kesehatan yang berkata “you are what you eat” atau dapat diartikan bahwa Anda adalah apa yang Anda makan.  Dalam pengertian yang lebih jelas, saya berpikir maksud pepatah tersebut adalah makanan yang kita konsumsi menentukan bagaimana kondisi kesehatan kita. Saya pikir pepatah ini tidak salah karena berbagai teori mengatakan bahwa 80% kesehatan kita ditentukan oleh diet. Jika demikian, bagaimana cara makan yang baik agar senantiasa sehat?

Banyak orang hanya terpaku pada jumlah kalori tanpa mempertimbangkan faktor nutrisi. Beberapa dari mereka memang memiliki tubuh yang ideal. Sebelum memutuskan benar tidaknya anggapan jumlah kalori, mari berlogika sebentar. Satu porsi mie instan (dengan segala penyedapnya) adalah sekitar 400 kkal, jumlah tersebut sama dengan 4 buah pisang berukuran sedang. Kira-kira mana yang lebih baik untuk tubuh? Satu porsi mie instan dengan segala penyedapnya atau 4 buah pisang yang relatif tidak mengandung pestisida dan pupuk? Saya pikir Anda cukup cerdas untuk menjawabnya.

Sebenarnya, tujuan kita dalam makan apa sih? Memenuhi kebutuhan nutrisi atau sekedar memenuhi mengenyangkan perut?  Orang-orang yang peduli dengan kesehatan makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, saya pikir Anda termasuk ke dalam golongan ini. Pertanyaannya, seberapa banyak nutrisi yang terkandung dalam makanan kita? Sebagai contoh, secara teori alpukat mengandung 29,47 gram lemak, 17,15 gram karbohidrat, dan 4,02 gram protein sehingga memenuhi 16% angka kecukupan gizi. Tahukah Anda bahwa kandungan nutrisi faktual alpukat lebih rendah daripada angka-angka tersebut? Sebelum masuk ke mulut Anda, alpukat tersebut telah mengalami berbagai proses seperti pemanenan sebelum waktu masak, pengangkutan dari lahan ke toko buah, dan penyimpanan di toko buah. Gunakan logika sederhana, apakah nilai nutrisi dari buah alpukat yang Anda petik dari kebun Anda sendiri ketika matang sama dengan nilai nutrisi dari alpukat yang dipanen ketika belum matang, diangkut dan disimpan di toko buah? Tentu tidak.

Tubuh Anda adalah salah satu harta paling berharga yang Anda miliki, pilihlah makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi bukan sekedar nilai kalori dan mengenyangkan perut. Anda adalah apa yang Anda makan, tentukan sendiri kesehatan Anda!

No comments:

Post a Comment