Thursday 1 January 2015

Kuatkan Pikiranmu, Kuatkan Fondasimu


Mas, kenapa program penurunan berat saya gagal?
Kurang lebih demikian isi pesan singkat dari salah satu konsumen saya. Sedikit cerita, konsumen saya yang satu ini sudah berkali-kali mengirimkan pesan dengan isi yang hampir sama dengan periode yang tidak menentu. Saya sendiri tidak paham tentang bagaimana periodisasi yang diterapkan oleh konsumen yang satu ini.

Baiklah, coba sekarang saya tanya kepada Anda, berapa banyak teori tentang kesehatan secara umum yang Anda tahu? Satu, dua, tiga? Faktanya, ada banyak sekali teori kesehatan baik itu pengelolaan berat badan, pembentukan otot, penanganan penyakit dan bidang lain yang jumlahnya mungkin tak terhitung. Sekarang fokus pada program pengelolaan berat badan, sudah berapa banyak teori  yang sekedar Anda baca, terapkan lalu tinggalkan, atau terapkan hingga saat ini?

Kekuatan pikiran
Ketika akan menerapkan suatu metode, apa alasan terkuat yang mendasari? Pikiran! Contohnya seperti ini, ketika saya akan menerapkan intermittent fasting (IF), saya membaca teori yang menjadi dasar dari IF, saya membaca cerita orang-orang yang sukses dengan metode tersebut. Ketika dasar teori yang digunakan masuk akal dan telah melihat contoh nyata orang yang sukses kemudian saya mulai menerapkannya.

Apakah saya sukses? Tidak. Pada awal-awal menerapkan metode tersebut, saya langsung merasakan perubahan nyata. Setelah beberapa lama, ternyata tidak ada lagi perubahan sebagaimana yang saya harapkan. Saya menganggap program ini tidak cocok untuk saya kemudian saya berhenti meskipun pada awalnya saya percaya pada metode ini.

Apakah IF metode yang baik? Ya, hanya saja metode ini tidak sesuai untuk saya karena ada begitu banyak orang yang sukses dengan metode ini. Sebagaimana telah saya tuliskan di awal, di dunia ini ada begitu banyak teori pengelolaan berat badan, tidak ada satu pun metode yang salah, semua metode benar apabila dijalankan SECARA YAKIN pada orang yang tepat.

Keyakinan
Sebelum mengenal IF, saya telah mencoba berbagai metode lain, semuanya gagal memenuhi keinginan saya. Namun demikian, ada banyak hal yang dapat dipelajari dari berbagai kegagalan tersebut. Pelajaran pertama tentu saja sekarang saya memiliki wawasan dan pengalaman yang cukup banyak untuk saya ceritakan kepada konsumen saya tentang pengelolaan berat badan. Pelajaran kedua adalah keyakinan dan konsistensi.

Harus saya akui, saya gagal karena keyakinan saya goyah sehingga konsistensi saya dalam menjalani metode pun mulai kendur secara perlahan-lahan hingga akhirnya benar-benar gagal. Hal yang cukup menggembirakan adalah saya tidak sendiri, apakah Anda mengalami hal yang sama?

Tips
Disini saya akan membagikan sedikit tips untuk Anda yang telah mengalami berbagai kegagalan seperti saya maupun Anda yang baru akan memulai suatu metode. Sebelum Anda mulai metode pilihan Anda, apa pun itu, Anda harus memiliki keyakinan yang kuat tentang program tersebut. Jika sejak awal Anda tidak memiliki keyakinan, atau minimal kepercayaan tentang metode tersebut, kesuksesan program Anda hampir pasti gagal terwujud. Saya dan banyak orang lain yang pada awalnya percaya pun bisa berhenti dan akhirnya gagal, rasa-rasanya akan sangat sulit bagi Anda untuk sukses jika tidak menggunakan keyakinan sebagai fondasi pertama untuk kesuksesan Anda.

Tahukah Anda bagaimana keyakinan yang kuat? Menurut saya, keyakinan yang kuat adalah ketika hati, pikiran, dan perbuatan telah tersinkronisasi sempurna. Saya tidak meragukan kekuatan hati manusia, pikiran adalah faktor yang paling aktif dan paling sering mengganggu. Pada suatu titik ketika Anda bosan dan lelah, Anda pernah berpikir untuk berhenti kan? Itu lah kemampuan pikiran yang jika tidak terkendali bisa menjerumuskan kita.

Terakhir, bagaimana agar metode pilihan Anda bisa sukses? Bruce Lee berkata, as you think so shall you become, semakin baik dan jernih pikiran Anda maka kehidupan Anda pun semakin baik dan jernih, terapkan prinsip ini dalam setiap aspek kehidupan Anda dan perhatikan bagaimana perjalanan hidup Anda, terima kasih.


Temukan lebih banyak informasi kesehatan dari SehaTotal di Facebook dan Twitter, email: sehatotal@gmail.com
Ditulis oleh Wildan Karim, konsultan nutrisi dan olahraga. Email: wildankarim7.wk@gmail.com


No comments:

Post a Comment